UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

ERMAWATI , SELPIA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pandean yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda, misalnya observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Pendekatan kualitatif sebenarnya merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang terdiri dari permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran pengukuran waktu. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 52,59%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 62,22% ( mengalami peningkatan sebesar 9,63% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 72,22% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 14,07% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Notasi Jam dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, media Notasi Jam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:21
Last Modified: 07 Jun 2011 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item View Item