PERBEDAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK FISIOTERAPIS TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK FISIOTERAPI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA DENGAN RSUI KUSTATI SURAKARTA

ARDIATMI, FELITA (2010) PERBEDAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK FISIOTERAPIS TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK FISIOTERAPI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA DENGAN RSUI KUSTATI SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Skripsi_Felita_Ardiatmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan data kunjungan dan penerimaan pasien rawat jalan dari bulan Agustus-Oktober 2009 di poliklinik fisioterapi RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan RSUI Kustati Surakarta tercatat bahwa angka pasien umum rata-rata per bulan mengalami kecenderungan meningkat (di RSUD Dr. Moewardi sejumlah 56 orang di bulan Agustus, 65 orang di bulan September dan 95 orang di bulan Oktober 2009 dan di RSUI Kustati sejumlah 229 orang di bulan Agustus, 275 di bulan September, dan 287 di bulan Oktober 2009), maka penulis merasa perlu menganalisis tentang kualitas pelayanan di poliklinik fisioterapi tersebut. Tujuan : Untuk mengetahui kualitas pelayanan fisioterapi berdasarkan perbedaan komunikasi terapeutik fisioterapis terhadap pasien rawat jalan di poliklinik fisioterapi RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan RSUI Kustati Surakarta. Metode : Penelitian ini bersifat Deskriptif Eksploratif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum atau fenomena tertentu. Desain penelitian adalah Cross Sectional, yaitu peneliti melakukan pengukuran atau observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali, pada satu saat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah fisioterapis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan RSUI Kustati Surakarta. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah komunikasi terapeutik fisioterapis terhadap pasien rawat jalan. Sedangkan total sampel dalam penelitian ini adalah 117 terdiri dari 42 pasien RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan 75 pasien RSUI Kustati Surakarta. Hasil : Hasil uji beda dengan menggunakan Independent Sample t Test diperoleh hasil thitung sebesar -10,644 dengan p= 0,000. Oleh karena nilai p = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan komunikasi terapeutik pada fisioterapis di RSUD Dr. Moewardi dengan RSUI Kustati di kota Surakarta. Kesimpulan : Penelitian tentang perbandingan kualitas pelayanan fisioterapi di poliklinik RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan RSUI Kustati Surakarta menggunakan pendekatan komunikasi terapeutik antara fisioterapis terhadap pasien rawat jalan diperoleh hasil bahwa komunikasi terapeutik pada fisioterapis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta termasuk kategori buruk yaitu sebesar 60% dari 42 pasien, sedangkan komunikasi terapeutik pada fisioterapis di RSUI Kustati Surakarta termasuk kategori cukup yaitu sebesar 80% dari 75 pasien. Hasil pengujian secara simultan untuk variabel umur, jenis kelamin dan pendidikan diperoleh nilai Fhitung sebesar 127,046 dengan p= 0,008. Oleh karena nilai p= 0,008 < 0,05 maka umur, jenis kelamin dan pendidikan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi fisioterapis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan RSUI Kustati Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi terapeutik, fisioterapis.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 07 Jun 2011 09:18
Last Modified: 07 Jun 2011 09:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12818

Actions (login required)

View Item View Item