HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, PENGETAHUAN GIZI IBU DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN PRAKTEK PEMBERIAN MP-ASI DI KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

PUJIASTUTI, ETIK (2010) HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, PENGETAHUAN GIZI IBU DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN PRAKTEK PEMBERIAN MP-ASI DI KELURAHAN PURWOSARI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
1._KTI_KESELURUHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Dukungan pelayanan kesehatan sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pemberian MP ASI, yang ditinjau dari aspek kebijakan, struktur dan metoda pelayanan, serta penyuluhan oleh petugas. Menurut Elizabeth Helsing, bahwa penurunan kebiasaan menyusui terutama berkaitan dengan kebiasaan di rumah sakit/klinik, sikap petugas, ketidaktahuan ibu akan cara menyusui, dan pengaruh iklan pemasaran susu formula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendapatan orang tua, pendidikan dan pengetahuan ibu dengan pemberian MP-ASI. Metode penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah populasi adalah seluruh ibu yang berada di kelurahan Purwosari kecamatan Laweyan Surakarta. Metode pengambilan sampel secara simple random sampling dengan kriteria ibu yang mempunyai balita usia 6 – 24 bulan didapatkan jumlah sampel sebanyak 30 orang ibu. Analisis data tentang hubungan tingkat pendapatan orang tua, pendidikan dan pengetahuan ibu menggunakan metode chi’square dengan taraf ketelitian  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% orang tua mempunyai pendapatan antara 500.000-1.000.000, 66,7% subjek penelitian sesuai dalam memberikan MP-ASI dan 63,3% subjek penelitian mempunyai tingkat pendidikan lanjut. Hasil uji chi-square menunjukan tidak ada hubungan pendapatan orang tua,pengetahuan ibu dan pendidikan ibu dengan praktek pemberian MP- ASI, yang ditunjukan dengan nilai Pvalue secara berturut-turut yaitu P = 0,741, P = 0,729, dan P =0,789.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Pengetahuan, Pendidikan, Pemberian MP ASI.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Jun 2011 10:28
Last Modified: 06 Jun 2011 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item View Item