PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GET REAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PENGKOK IV KEDAWUNG TAHUN AJARAN 2010/2011

HASAN , KHOLID (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GET REAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PENGKOK IV KEDAWUNG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF
05_BAB_III.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab V)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih rendahnya hasil belajar matematika, yang kebanyakan disebabkan oleh metode pengajaran yang digunakan oleh gurunya sehingga membuat siswa bosan dan jenuh. Seperti yang dilaporkan oleh Adinegara dalam penelitiannya. Pada umumnya belajar Matematika bukan hal yang mudah bagi siswa sehingga memerlukan langkah mengubah sesuatu yang abstrak menjadi konkrit kemudian mengembalikannya menjadi abstrak, diawali dengan keabstrakan konsep-konsep Matematika tersebut. Dalam pembelajaran Matematika, langkah-langkah mengubah sesuatu yang abstrak menjadi konkrit kemudian mengembalikannya menjadi abstrak berlangsung baik jika diserasikan dengan pembelajaran dengan metode get real. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan pendekatan metode get real pada materi bangun ruang di SD Pengkok IV selama proses pembelajaran terlaksana dengan baik, yaitu terlihat dari aktivitas siswa dalam melaksanakan tahap-tahap pembelajaran memiliki prosentase rata-rata hasil belajar mencapai (79,54%), Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai (100%), dan ini berarti bahwa telah mencapai ketuntasan klasikal, sedangkan ketuntasan individual belum tercapai karena nilai tes akhir yang dicapai masih ada yang di bawah kriteria yaitu kurang dari 65.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Get Real, Hasil Belajar, Materi bangun Ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 10:26
Last Modified: 06 Jun 2011 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12806

Actions (login required)

View Item View Item