UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI TEKS ACAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MEMAHAMI CERITA UNTUK KELAS IV SD N 03 SURUHKALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( PTK Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD N 03 Suruhkalang )

PUSPITASARI , AGUSTIN (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI TEKS ACAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MEMAHAMI CERITA UNTUK KELAS IV SD N 03 SURUHKALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( PTK Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD N 03 Suruhkalang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (446kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan strategi teks acak dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV SD N 03 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 03 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan penerapan pembelajaran melalui strategi teks acak terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebagai berikut : Hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 32,1%, pada siklus I sebesar 53,6% dan pada siklus II sebesar 92,8%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi teks acak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok memahami cerita bagi siswa kelas IV SD N 03 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Teks Acak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 10:04
Last Modified: 06 Jun 2011 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12804

Actions (login required)

View Item View Item