PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PENDERITA OSTEOARTHRITIS KNEE DEXTRA DENGAN MENGGUNAKAN TENS DAN TERAPI LATIHAN DI RSO.PROF SOEHARSO SURAKARTA

SUSANTO, YUNIAR YUDI (2010) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PENDERITA OSTEOARTHRITIS KNEE DEXTRA DENGAN MENGGUNAKAN TENS DAN TERAPI LATIHAN DI RSO.PROF SOEHARSO SURAKARTA. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Cover_+_Bab_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
1)_Karya_Ilmiah_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penatalaksaan fisioterapai pada kondisi osteoarthritiss knee dextra selama 6 kali terapi, dengan menggunakan metode penelitian berupa study kasus. Pada kasus osteoarthritiss knee menyebabkan gangguan secara fungsional. 1) Adanya nyeri tekan dan nyeri gerak pada lutut kanan, 2) Adanya keterbatasan gerak pada lutut kanan, 3) Adanya spasme pada otot quadriceps, 4) Adanya penurunan kekuatan otot quadricepss dan penurunan kemampuan fungsional. Untuk dapat menentukan metode penangan fisioterapi yang efektif dan efesien, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan 1) Nyeri dengan VDS, 2) Lingkup Gerak Sendi dengan goneometer, 3) kekuatan otot dengan MMT, 4) kemampuan fungsional dengan skala jette. Dalam membantu untuk mengurangi nyeri pada lutut kanan diberikan modalitas fisioterapi berupa Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), menambah lingkup Gerak Sendi dengan Hold Relax dan free active movemen dan meningkatkan kekuatan otot dengan quadriceps band. Dan pada akhir terapi didapatkan hasil berupa 1) Adanya penurunan nyeri, 2) Adanya peningkatan LGS, 3) adany peningkatan kekuatan otot, 4) Adanya peningkatan kekuatan fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penatalaksanaan fisioterapi, osteoarthritiss knee, TENS, free active movemen, hold relax, dan quadriceps band.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Jun 2011 10:05
Last Modified: 06 Jun 2011 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item