PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

WAHYONO , TRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract

Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siswa yang berjumlah 39. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data diperoleh dari hasil test siswa. Hasil kelas nilai post test dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siklus I siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 33 siswa dari kriteria ketuntasan minimal(KKM) awal 15 siswa meningkat 18 siswa termasuk dalam kategori cukup berminat. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 37 siswa dari nilai siklus I, dalam kategori cukup berminat. Pada siklus III siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 36 siswa menurun dari nilai siklus II, termasuk dalam kategori kurang berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Model joyful learning dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Model joyful learning Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:37
Last Modified: 06 Jun 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item