IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN SAVI DITINJAU DARI GENDER SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo)

NURYANI , ANIK SUCI (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN SAVI DITINJAU DARI GENDER SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hllama_Cover.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
new_daftar_pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran CIRC dan SAVI terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh gender siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran CIRC dan SAVI ditinjau dari gender siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Gondangrejo yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 39 siswa sebagai kelas CIRC dan 40 siswa sebagai kelas SAVI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program SPSS untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk % 5 = α dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi model pembelajaran CIRC dan SAVI terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Lingkaran dengan nilai probabilitas 0,027 < 0,05, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Lingkaran ditinjau dari Gender Siswa, dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran CIRC dan SAVI dengan gender siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Lingkaran, dengan nilai signifikansi 0,833 > 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari model pembelajaran dan Gender Siswa, sedangkan interaksi antara model pembelajaran dengan Gender Siswa tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan Lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, gender siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:28
Last Modified: 06 Jun 2011 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12795

Actions (login required)

View Item View Item