PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen)

WULANDARI , AJENG RETNO (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP PGRI 2 Karangmalang Sragen yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mampu: 1) mengajukan dugaan sebelum tindakan sebesar 4,34%, sesudah tindakan menjadi 95,23%, 2) menyelesaikan soal dengan runtut sebelum tindakan sebesar 8,69%, sesudah tindakan naik menjadi 71,42%, 3) menunjukkan jawaban yang benar sesuai permasalahan yang ada sebelum tindakan sebesar 21,73%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 4) menjawab permasalahan dengan berbagai cara sebelum tindakan sebesar 0%, sesudah tindakan naik sebesar 61,90%, 5) membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan sebelum tindakan sebesar 26,08%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 6) menemukan hasil melalui suatu gambar sebelum tindakan sebesar 21,73%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 7) mempresentasikan jawaban sebelum tindakan sebesar 30,43%, sesudah tindakan sebesar 80,95%, 8) mengkonstruksi pengetahuan matematis sebelum tindakan sebesar 43,47%, sesudah tindakan naik sebesar 85,71%, 9) bekerjasama sebelum tindakan sebesar 30,43%, sesudah tindakan naik sebesar 95,23%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi dan persegipanjang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penalaran_Komunikasi, Kemampuan_Siswa, Metode_Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:23
Last Modified: 06 Jun 2011 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item