IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)

PRIHANTORO , FENDI (2011) IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournement pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Eromoko yang berjumlah 35 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan himpunan melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 17,50% dan di akhir tindakan mencapai 57,14%, 2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas dan menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 60,00%, 3) Keaktifan siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 71,43%. Siswa yang tuntas belajar dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari sama dengan 70, sebelum dilakukan tindakan sebanyak 40,51% dan di akhir tindakan mencapai 91,43%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Knowledge Sharing dan Learning Tournament, keaktifan siswa, prestasi belajar siswa, himpunan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 09:17
Last Modified: 06 Jun 2011 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item