PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG

WIBOWO , SETIAWAN EDI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (446kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif menggunakan metode latihan terbimbing dengan media lagu pada siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes menulis paragraf narasi dan metode non tes yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu, kemampuan menulis paragraf naratif siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem meningkat sebesar 21,09% setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu. Hasil rata-rata tes menulis paragraf naratif pratindakan sebesar 68 dan pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,7, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 82,1 atau meningkat. Perilaku siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf naratif melalui metode latihan terbimbing dengan media lagu pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran menulis paragraf naratif .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis paragraf naratif, metode latihan terbimbing, media lagu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 09:09
Last Modified: 01 Jun 2011 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item View Item