ASPEK KEPRIBADIAN NIYALA DALAM NOVEL SETETES EMBUN CINTA NIYALA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY TINJAUAN: PSIKOLOGI SASTRA

AMALYA , NUNUNG YUNITA (2011) ASPEK KEPRIBADIAN NIYALA DALAM NOVEL SETETES EMBUN CINTA NIYALA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY TINJAUAN: PSIKOLOGI SASTRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur yang membangun novel Setetes Embun Cinta Niyala karya Habiburrahman El Shirazy dan mendeskripsikan aspek kepribadian Niyala dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah aspek kepribadian tokoh Niyala dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala karya Habiburrahman El Shirazy, sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik analisis yang digunakan adalah teknik membaca heuristik dan hermeneutik. Secara struktural dapat disimpulkan bahwa tema dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala karya Habiburrahman El Shirazy adalah “ketidakberdayaan seorang anak”, alur dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala menggunakan alur maju, tokoh dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala yaitu terdiri dari tokoh utama (Niyala) dan tokoh tambahan (Umi, Faiq, Pak Rusli, Mas Herman, Roger, Haji Cosmas, Hesti, Maesarah, dan Mbak Diah), latar dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala menggunakan daerah tempat (desa Sidempuan, Jakarta, Mesir, Inggris, Perancis, Italia, Turki, dan Malaysia), latar waktu yaitu antara tahun 1989 sampai 2002, dan latar sosial (situasi sosial Islami dan latar dunia pendidikan). Secara psikologi tokoh Niyala dalam novel Setetes Embun Cinta Niyala karya Habiburrahaman El Shirazy, apabila dianalisis menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud: (1) tokoh Niyala dilihat dari Id mempunyai proses refleks dan proses primer; (2) dari segi Ego, tokoh Niyala berhasil memuaskan dorongan Id (keinginannya) berdasarkan khayalan-khayalannya; (3) dari segi Superego, tokoh Niyala mempunyai kecemasan dalam kehidupan yang dijalaninya dan mempunyai pertahanan serta penolakan sehingga membentuk ego- ideal anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, tokoh Niyala, novel Setetes Embun Cinta Niyala, Psikologi Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 08:57
Last Modified: 01 Jun 2011 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12747

Actions (login required)

View Item View Item