DESENTRALISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIBEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (STUDY EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KARESIDENAN SURAKARTA)

PURNASARI, MAYA (2009) DESENTRALISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIBEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (STUDY EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KARESIDENAN SURAKARTA). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
SKRIPSI_KESELURUHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah persaingan antar perusahaan yang semakin ketat. Semua ini menuntut manajemen memiliki perencanaan yang baik agar dapat menjalankan semua kegiatan perusahaan secara efektif dan efisien. Anggaran adalah salah satu komponen penting dalam perencanaan perusahaan yang berisi rencana kegiatan masa datang dan mengindikasikan kegiatan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan desentralisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer menengah perusahaan manufaktur di karesidenan Surakarta. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, karena penulis menggunakan kriteria tertentu dalam memilih sampel, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel sebanyak 45 manajer menengah dari 7 perusahaan manufaktur di karesidenan Surakarta. Hasil pengumpulan data diuji kualitasnya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari hasil pengujian asumsi klasik diperoleh hasil bahwa data terdistribusi normal serta semua data terbebas dari masalah multikolinearitas dan heterokodastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda. Pengujian terhadap hipotesis pertama menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial,dibuktikan dengan hasil ujit yang diterima pada taraf signifikan 5% sedangkan untuk hipotesis kedua menunjukkan desentralisasi dan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial, dibuktikan dengan hasil uji t yaitu t hitung < ttabel

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial dan desentralisasi dan gaya kepemimpinan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 10:28
Last Modified: 31 May 2011 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item