KONTRIBUSI MENGIKUTI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM RANGKA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KUSNANDAR , KUSNANDAR (2011) KONTRIBUSI MENGIKUTI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM RANGKA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) kontribusi mengikuti kegiatan kepramukaan dalam rangka pendidikan karakter bangsa bagi siswa kelas VIII (2) realitas pendidikan karakter bangsa, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter bangsa bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Subyek penelitian dengan menggunakan key informan yang digunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan mencatat dokumen. Penetapan validitas data dalam penulisan ini melalui trianggulasi data dan informan review. untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kontribusi mengikuti kegiatan kepramukaan bagi siswa kelas VIII, yaitu menumbuhkan disiplin, kemandirian, suka menolong, kerjasama, tidak nakal, taat beribadah, jujur, ulet, patuh pada aturan. (2) realitas pendidikan karakter bangsa, yaitu diberikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan tetapi tetap dalam kaidah pendidikan yang sesungguhnya. Misalkan, jambore, kemah bakti. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter bangsa bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Yaitu Faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan sekolah, faktor pergaulan siswa itu sendiri, faktor lingkungan, faktor media elektronik. Sedangkan faktor internal yaitu faktor keluarga dan faktor diri pribadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-28
Uncontrolled Keywords: Kontribusi mengikuti kegiatan kepramukaan, Pendidikan karakter bangsa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 09:56
Last Modified: 25 Oct 2011 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12730

Actions (login required)

View Item View Item