KEMAMPUAN LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

Rohmah, Fitri Nur (2010) KEMAMPUAN LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Skripsi_Fitri_Nur_Rohmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Laba menggambarkan keberhasilan operasi perusahaan dalam suatu periode tertentu, sedangkan arus kas operasi menunjukkan perubahan dalam aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan dan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas. Informasi laba dan arus kas operasi merupakan alat pengukur kinerja perusahaan yang dapat dipakai untuk mengukur sejauh mana perusahaan dapat berkembang, sehingga investor dapat memperkirakan besarnya penerimaan kas perusahaan di masa mendatang berdasarkan informasi laba dan arus kas operasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan laba dan arus kas operasi dalam memprediksi arus kas operasi masa depan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris yang menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi yang diteliti adalah perusahaan manufaktur di BEI. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 40 perusahaan manufaktur di BEI tahun 2005-2007. Pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dapat diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan Indonesian Directory Exchange (IDX). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2), dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Informasi laba tahun 2005-2006 berpengaruh terhadap arus kas operasi tahun 2006-2007. Hasil uji t memperoleh nlai thitung (2,930) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), maka H1 diterima. Artinya informasi laba dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi satu tahun yang akan datang; (2) Informasi arus kas operasi tahun 2005-2006 berpengaruh terhadap arus kas operasi tahun 2006-2007. Hasil uji t memperoleh nilai thitung (5,483) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), maka H2 diterima. Artinya informasi arus kas operasi dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi satu tahun yang akan datang; (3) Informasi laba dan arus kas operasi secara bersama-sama dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi satu tahun yang akan datang. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung = 27,465 diterima pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laba, Arus Kas Operasi, Arus Kas Operasi Masa Depan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 09:42
Last Modified: 31 May 2011 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item