PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

AVRILIANA , HESTY (2011) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI MA SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani pada siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penggunaan media pembelajaran Power Point. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode test, observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani di kelas XI MA SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 meningkat secara signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point pemahaman materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani hanya sebanyak 8 siswa (22,86%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Power Point dalam proses pembelajaran PKn diperoleh hasil peningkatan pemahaman sebanyak 20 siswa (57,14%) pada siklus I dan 29 siswa (82,86%) pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja yaitu peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani sebesar 82,86%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa pada materi pelajaran Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Power Point, Pemahaman, Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 09:41
Last Modified: 31 May 2011 09:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item