PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SE-KARESIDENAN SURAKARTA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Se Eks-Karesidenan Surakarta)

NINGRUM, DEWI PUSPITA (2010) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SE-KARESIDENAN SURAKARTA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Se Eks-Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
File_1._Skripsi_Dewi_Puspita_Ningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komitmen organisasi menunjukkan suatu daya dari seseorang dalam mengidentifikasikan keterlibatannya sebagai bagian dari organisasi. Manajemen menghendaki para manajer bawahan memiliki komitmen dan tanggung jawab yang lebih besar dalam pengambilan keputusan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi manajer menengah dalam penyusunan anggaran. Melalui teknik ini diupayakan agar dapat meningkatkan kinerja setiap anggota manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer menengah pada perusahaan manufaktur di wilayah Eks-Karesidenan Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 4 perusahaan dengan jumlah sampel 34 orang manajer menengah yang diambil dengan metode purposive sampling. Tehnik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji f, uji koefisien determinasi, dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji F memperoleh nilai F sebesar 10,288 lebih besar dari Ftabel (2,92) dengan nilai p-value sebesar 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya model regresi tentang pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran, komitmen organisasi, dan interaksinya terhadap kinerja manajerial terbukti signifikan dan fit (cocok); (2) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 0,458. Artinya 45,8% variasi dari kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh variabel partisipasi dalam penyusunan anggaran, komitmen organisasi, dan interaksinya. Sedangkan 54,2% sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model; (3) Hasil uji t menunjukkan bahwa partisipasi dalam penyusunan anggaran memiliki nilai thitung = 2,808 dan variabel komitmen organisasi memiliki nilai thitung = 2,498 lebih besar dari ttabel sebesar 2,042 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya partisipasi dalam penyusunan anggaran dan komitmen organisasi secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial; (4) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial melalui komitmen organisasi sebagai variabel moderating dan H1 diterima. Terbukti dari hasil uji t pada interaksi partisipasi dan komitmen memperoleh nilai thitung sebesar 2,437 dengan p-value 0,021 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Komitmen organisasi yang tinggi akan semakin meningkatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi dalam penyusunan anggaran, komitmen organisasi, kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 09:08
Last Modified: 31 May 2011 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12718

Actions (login required)

View Item View Item