PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Survey Pada KAP di Wilayah Surakarta dan Yogyakarta)

MARDYANSAH, FIKRI RACHETA (2010) PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Survey Pada KAP di Wilayah Surakarta dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan Dan Bab 1)
Cover_+_BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab Penuh)
SKRIPSI_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban manejemen terhadap pemilik perusahaan dan pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan akan dipergunakan sebagai dasar pembuatan keputusan. Agar laporan keuangan dapat menjadi alat yang handal dalam pembuatan keputusan maka laporan keuangan perlu diaudit oleh pihak ketiga yang independen, dalam hal ini auditor ekternal. Laporan keuangan yang sudah diaudit dan mendapat opini unqualified, diharapkan dapat memberikan jaminan bahwa laporan keuangan tersebut bebas salah saji yang material dan disajikan dengan prinsip akuntansi berterima umum. Profesionalisme menjadi tuntutan utama seseorang yang bekerja sebagai auditor ekternal. Seseorang yang professional dapat digambarkan dalam profesi auditor ekternal dicerminkan dalam lima dimensi: pengabdian pada profesi, kewajiban social, kemandirian, keyakinan profesi, hubungan dengan rekan se profesi. Auditor ekternal yang memiliki profesionalisme yang tinggi akan memberikan kontribusi yang dapat dipercaya oleh para pengambil keputusan. Dalam melakukan pekerjaan audit, auditor diharuskan untuk melakukan pertimbangan tingkat materialitas dalam perencanaan dan perancangan prosedur audit, serta pada saat mengevaluasi kewajaran laporan keuangan secara keseluruahan. Pertimbangan materialitas merupakan pertimbangan profesional yang dipenganruhi oleh persepsi auditor atas kebutuhan orang yang memiliki pengetahuan memadai dan yang meletakkan kepercayaan pada laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara profesionalisme auditor sebagai variabel independen dengan tingkat materialitas sebagai variabel dependen dalam pemeriksaan laporan keuangan. Responden penelitian ini adalah para profesional yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di kota Surakarta dan Yogjakarta baik sebagai karyawan magang, auditor junior, auditor senior, supervisor, manejer, maupun partner. Dengan metode nonprobabilitas sampling, penelitian ini berupaya mengumpulkan sebayak mungkin informasi dari responden yang ada pada saat dilakukannya penelitian untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Kuisioner digunakan sebagai alat untuk mengukur variable-variabel yang digunakan dalam penelitian. Sedangkan hipotesis diuji dengan menggunakan metode statistik nonparametrik untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara profesionalisme auditor terhadap tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, materialitas.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 31 May 2011 09:01
Last Modified: 31 May 2011 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12715

Actions (login required)

View Item View Item