ANALISIS BIAYA PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINT (TOC) (Studi kasus di PT. Mitra Lestari Abadi (MLA) Banyumas)

RESTIANI , HERLINA (2011) ANALISIS BIAYA PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINT (TOC) (Studi kasus di PT. Mitra Lestari Abadi (MLA) Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_BAB_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
4)_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
6)_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
7)_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8)_DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penerapan theory of constraint (TOC) dan mengetahui jumlah biaya produksi serta menganalisis jumlah biaya produksi sehubungan dengan diterapkannya theory of constraint (TOC) pada bulan November – Desember tahun 2010 di PT. Mitra Lestari Abadi (MLA) Banyumas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan, dokumen, serta tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, serta dokumentasi. Pengujian validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik informant review. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interakif. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti untuk kendala yang terjadi di PT. Mitra Lestari Abadi Banyumas bulan November dan Desember 2010 yaitu : kendala pada mesin, sumber daya manusia, dan kualitas bahan baku. Langkah-langkah penerapan teori kendala (theory of constraint) yaitu dengan mengidentifikasi kendala (identification), perencanaan aktivitas (activity plan), pelaksanaan aktivitas yang sudah direncanakan (do), pemeriksaan pelaksanaan aktivitas (check) dan tindakan lebih lanjut (action). Jumlah biaya produksi yang terealisasi bulan November 2010 sebesar Rp 5.024.836.000 atau sebesar Rp 1.505.101 untuk setiap m3 , jika ditunjukkan dengan prosentase biaya produksi yang terealisasi sebesar 98% dan bulan Desember 2010 sebesar Rp 5.442.723.540 atau sebesar Rp 1.519.295 untuk setiap m3 , jika ditunjukkan dengan prosentase biaya produksi yang terealisasi sebesar 99%, jumlah ini masih lebih kecil dibandingkan dengan jumlah yang distandarkan atau dianggarkan yaitu sebesar Rp 1.529.500 untuk setiap m3 . Hal ini berarti jumlah biaya produksi yang terealisasi untuk bulan November dan Desember 2010 dapat diminimalkan sehubungan dengan diterapkannya teori kendala (theory of constraint) di PT. Mitra Lestari Abadi Banyumas. Dengan kata lain penerapan teori kendala (theory of constraint) di PT. Mitra Lestari Abadi Banyumas untuk bulan November dan Desember 2010 berpengaruh terhadap jumlah biaya produksi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-26
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi, theory of constraint
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2011 08:55
Last Modified: 25 Oct 2011 08:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item