PENERAPAN PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA RANAH KOGNITIF,AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2006/2007

Bety, Any Nur (2008) PENERAPAN PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA RANAH KOGNITIF,AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A310030021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun Ajaran 2006/2007 dengan penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Kunduran Blora. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri 5 kelas, yaitu kelas VII A sampai kelas VII E. Sampel yang diambil adalah 40 orang siswa yang berasal dari satu kelas yaitu kelas VII A. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Data yang diperlukan diperoleh tes dengan soal yang terdiri dari 40 pertanyaan. Soal tes yang digunakan diuji dengan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan diuji reliabilitas dengan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan kerangka pikir di atas, maka dapat dirumuskan hipotesis tindakan penelitian ini sebagai berikut: penerapan pendekatan CTL dapat berpengaruh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun ajaran 2006/2007. Hasil analisis menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan sesudah pembelajaran dengan metode CTL pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora Tahun Pelajaran 2006/2007. Artinya penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora Tahun Ajaran 2006/2007.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor; pendekatan CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2008 06:27
Last Modified: 24 Oct 2011 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item