HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINDAKAN SWAMEDIKASI PENYAKIT MAAG PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

WARDANI , SUSRI (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINDAKAN SWAMEDIKASI PENYAKIT MAAG PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Obat berperan penting dalam pelayanan kesehatan. Penanganan dan pencegahan berbagai penyakit tidak dapat dilepaskan dari tindakan terapi dengan obat, salah satunya adalah penanganan penyakit maag. Tindakan swamedikasi merupakan salah satu tindakan pengobatan yang banyak dilakukan. Tindakan swamedikasi yang baik diperlukan suatu pengetahuan yang baik, agar tindakan swamedikasi dapat sesuai dengan tujuan pengobatan itu sendiri. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan tindakan swamedikasi penyakit maag pada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian observasional, dengan rancangan penelitian adalah deskriptif serta pendekatan crossectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 mahasiswa Farmasi, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari kuisioner pengetahuan tentang swamedikasi penyakit maag dan kuisioner tindakan swamedikasi penyakit maag. Analisis data penelitian menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan 69 responden memiliki tingkat pengetahuan baik sekali, 19 responden dengan pengetahuan baik, dan 12 responden dengan pengetahuan cukup. Distribusi tindakan swamedikasi menunjukkan 93 responden dengan tindakan swamedikasi baik sekali dan 7 responden dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis dengan pengujian Rank Spearman menunjukkan nilai r = 0,390 dengan tingkat signifikansi 0,000, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan tindakan swamedikasi penyakit maag pada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-014
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, swamedikasi, penyakit maag
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 30 May 2011 10:09
Last Modified: 16 Jun 2011 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item