ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008)

HANDAYANI, RENI (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT IPO PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan yang melakukan listing di BEI tahun 2005-2008). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan dan Bab 1)
Microsoft_Word_-_COVER_+_BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab Full)
Microsoft_Word_-_SKRIPSI_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan faktor-faktor non-keuangan (umur perusahaan, repuasi auditor dan reputasi underwriter) terhadap underpricing. Underpricing merupakan suatu keadaan, dimana harga saham pada saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan ketika perdagangan di pasar sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang melakukan go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2008. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan yang mengalami underpricing yang sesuai dengan kriteria hasil pemilihan sample dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji asumsi kalsik, uji t, uji F, uji R² dan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, variabel-variabel keuangan yaitu ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA, diperoleh kesimpulan bahwa ROA dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap underpricing. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,019 dan 0,004 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk faktor financial leverage tidak berpengaruh terhadap underpricing. Variabel-variabel non-keuangan yaitu umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Pada analisis data untuk variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA) dan variabel-variabel non-keuangan (umur perusahaan, reputasi auditor dan reputasi underwriter) hasilnya sama pada pengujian variabel-variabel keuangan (ukuran perusahaan, financial leverage dan ROA), yang berpengaruh terhadap underpricing yaitu ROA dan ukuran perusahaan, tapi dengan nilai signifikan yang berbeda yaitu sebesar 0,028 dan 0,009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROA, ukuran perusahaan, underpricing, Initial public offering
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 May 2011 10:09
Last Modified: 30 May 2011 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item