ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO SEKTOR PERTANIAN TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 1988 - 2007

SARI, NOVITA PERMATA (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO SEKTOR PERTANIAN TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 1988 - 2007. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan dan Bab 1)
Cover_+_Bab_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab Full)
Skripsi_Novita_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Sektor Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Klaten Tahun 1988 – 2007”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh jumlah penduduk, luas areal pertanian, dan rata-rata indeks harga konsumen terhadap produk domestik regional bruto sektor pertanian tanaman pangan (PDRBM) kabupaten Klaten tahun 1988-2007. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Variabel independen berupa jumlah penduduk (jiwa per tahun), luas areal pertanian (hektar per tahun), rata-rata indeks harga konsumen (% per tahun), dan PDRBMt-1 tanaman pangan tahun sebelumnya (jutaan rupiah per tahun), sedangkan variabel dependen berupa PDRBM tanaman pangan (jutaan rupiah per tahun). Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, dan uji asumsi klasik meliputi: uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Selanjutnya diikuti dengan analisis statistik meliputi: analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji R2, dan Partial Adjustment Model (PAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil perhitungan uji normalitas data dengan Jarque Bera diterima pada taraf signifikansi 5%, maka data berdistribusi normal; (2) Hasil uji linieritas juga diterima pada taraf signifikansi 5%, maka model regresi berbentuk linier; (3) Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak ada masalah multikolinearitas, tidak ada masalah heteroskedastisitas, dan tidak ada masalah autokorelasi; (4) Hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap produk domestik regional bruto tanaman pangan pada =5% adalah variabel rata-rata indeks harga konsumen dan produk domestik regional bruto tanaman pangan tahun lalu, sedangkan variabel jumlah penduduk dan luas areal pertanian tidak berpengaruh sampai pada =10%; (5) Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel jumlah penduduk, luas areal pertanian, rata-rata indeks harga konsumen dan produk domestik regional bruto tanaman pangan 1 tahun lalu berpengaruh secara signifikan terhadap produk domestik regional bruto tanaman pangan pada taraf signifikan 1%; (6) R2 memperoleh nilai 96,8% yang berarti bahwa 96,8% variasi dari produk domestik regional bruto tanaman pangan dapat dijelaskan oleh variabel jumlah penduduk, luas areal pertanian, rata-rata indeks harga konsumen, dan produk domestik regional bruto tanaman pangan 1 tahun lalu, sedangkan 3,2% sisanya dijelaskan oleh variabel bebas lain di luar model yang digunakan; (7) Nilai koefisien penyesuaian parsial (δ) adalah sebesar -0,065. Artinya sekitar 6,5% merupakan perbedaan yang terjadi antara PDRBM yang sebenarnya dan yang diharapkan. Dengan kata lain PDRBM yang sebenarnya sama dengan nilai yang diharapkan, yaitu nilai yang sebenarnya menyesuaikan diri dengan nilai yang diharapkan seketika dalam periode waktu yang sama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nalisis pengaruh jumlah penduduk, luas areal pertanian,rata-rata indeks harga konsumen , produk domestik regional bruto sektor pertanian tanaman pangan (PDRBM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 May 2011 09:22
Last Modified: 30 May 2011 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item View Item