ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI PROPINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM TAHUN 2006

ISKANDAR, ISKANDAR (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI PROPINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM TAHUN 2006. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (cover dan bab 1)
COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab full)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data cros-section PAD tahun pengamatan 2006. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui seberapa besar pengaruhu variabel independen terhadap variabel dependen dengan melihat koefesien regresi yang merupakan nilai elastisitas dari masig-masing variabel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pertanian, Pertambangan dan Penggalian, Industri Pengolahan, Listrik, Gas dan Air Bersih, Bangunan, Perdagangan, Hotel dan Restoran, Pengangkutan dan Komunikasi, Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan, Jasa-jasa dan Pendapatan Asli Daerah di setiap kabupaten /kota Propinsi Nanggoe Aceh Darussalam tahun 2006. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier dengan metode OLS (Ordinary Least Square). Berdasarkan hasil analisis regresi Uji Asumi Klasik menyatakan bahwa dalam variabel tidak terdapat masalah multikolinieritas yang serius. Untuk Uji Heteroskedastisitas tidak ditemukan masalah dalam model. Uji Normalitas menunjukkan distribusi ut normal. Sedangkan Uji Spesifikasi Model dengan uji ramsey – reset menunjukkan model yang digunakan tidak linier. Hasil Uji Kelayakan model nilai koefesien determinasi (R2) adalah 0,710 atau 71%. Hal ini berarti 71% variasi variabel dependen dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen. Nilai signifikansi statistik Fhitung sebesar 2,719 lebih besar dari Ftabel (0,10;9;11) = 0,43 yang berarti sembilan sektor atau sembilan variabel tersebut di tiap kabupaten/kota secara bersama-sama mempengaruhi peningkatan Pendapatan Asli Daerah di setiap kabupaten/kota. Sehingga model yang digunakan eksis. Hasil Uji t diketahui bahwa variabel pertanian tiap kabupaten/kota, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di setiap kabupaten/kota pada derajat kepercayaan 90%, serta variabel Pertambangan dan Penggalian tiap kabupaten/kota memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di setiap kabupaten/kota pada derajat kepercayaan 95%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossection, PAD, Output Sektoral, Ordinary Least Square
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 May 2011 08:54
Last Modified: 30 May 2011 08:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12674

Actions (login required)

View Item View Item