OPTIMASI FORMULA SIRUP EKSTRAK ETANOLIK BUNGA KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L) DENGAN SUKROSA SEBAGAI BAHAN PEMANIS DAN PGA SEBAGAI BAHAN PENGENTAL

LESTARI , FERANI DWI (2011) OPTIMASI FORMULA SIRUP EKSTRAK ETANOLIK BUNGA KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L) DENGAN SUKROSA SEBAGAI BAHAN PEMANIS DAN PGA SEBAGAI BAHAN PENGENTAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_-_INTISARI.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

Bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) merupakan tanaman obat tradisional yang dapat digunakan sebagai peluruh dahak. Sejauh ini belum ada sediaan dari bunga kembang sepatu (Hibicus rosa-sinensis L) dalam bentuk sirup. Oleh karena itu, dibuat suatu sediaan sirup yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sukrosa dan PGA terhadap sifat fisik sirup bunga kembang sepatu serta untuk menentukan rancangan formula optimum sirup bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L). Penelitian ini menggunakan tiga formula yaitu formula A yang mengandung 100% sukrosa 0% PGA, formula B yang mengandung 50% sukrosa 50% PGA, dan formula C yang mengandung 0% sukrosa 100% PGA yang dioptimasi dengan metode Simplex Lattice Design. Parameter yang digunakan adalah viskositas, kecepatan tuang, intensitas warna, dan tanggap rasa. Penentuan formula optimum diperoleh dari respon total yang paling besar dan selanjutnya dilakukan verifikasi. Hasil penelitian dari prediksi dan verifikasi dibandingkan secara statistik menggunakan one sampel t-test dengan taraf kepercayaan 95%. Dari hasil perhitungan data, formula optimum yang diperoleh yaitu formula C yang mengandung 601 gram sukrosa dan 10 gram PGA. Hasil one sample t-test menunjukan bahwa persamaan viskositas, mudah tidak dituang, intensitas warna, dan tanggap rasa menunjukkan hasil berbeda tidak signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-015
Uncontrolled Keywords: bunga kembang sepatu, ekstrak etanolik, sirup, Simplex Lattice Design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 10:01
Last Modified: 16 Jun 2011 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item