OPTIMASI FORMULA SIRUP EKSTRAK ETANOLIK BUNGA KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L) DENGAN SORBITOL SEBAGAI BAHAN PEMANIS DAN CMC-Na SEBAGAI BAHAN PENGENTAL

DARMASTUTI , AMI (2011) OPTIMASI FORMULA SIRUP EKSTRAK ETANOLIK BUNGA KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L) DENGAN SORBITOL SEBAGAI BAHAN PEMANIS DAN CMC-Na SEBAGAI BAHAN PENGENTAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_+_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

Tanaman kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) merupakan salah tanaman obat tradisional yang mempunyai manfaat diantaranya meluruhkan lendir atau mukus. Sejauh ini belum ada sediaan dari bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) dalam bentuk sirup. Oleh karena itu, dibuat sediaan sirup yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sorbitol dan CMC-Na terhadap sifat fisik sirup bunga kembang sepatu serta untuk menentukan rancangan formula optimum sirup bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L). Penelitian ini menggunakan tiga rancangan formula yaitu formula A (100% sorbitol), formula B (50% sorbitol 50% CMC-Na), formula C (100% CMC-Na) yang dioptimasi dengan model Simplex Lattice Design, dalam metode ini akan diperoleh persamaan matematis. Parameter yang digunakan adalah viskositas, kecepatan tuang, dan intensitas warna. Penentuan formula optimum diperoleh dari respon total yang paling besar dan selanjutnya dilakukan verifikasi. Hasil penelitian dari prediksi dan verifikasi dibandingkan secara statistik menggunakan one sampel t-test dengan taraf kepercayaan 95%. Formula optimum yang diperoleh yaitu formula yang mengandung 100% CMC- Na. Untuk pembandingnya dipilih formula 80% sorbitol 20% CMC-Na dan 70% sorbitol dan 30% CMC-Na. Hasil one sampel t-test menunjukkan bahwa persamaan viskositas, mudah tidak dituang, dan intensitas warna adalah valid.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bunga kembang sepatu, ekstrak etanolik, sirup, Simplex Lattice Design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 09:55
Last Modified: 27 May 2011 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item