EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN PNEUMONIA DEWASA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT PARU dr. ARIO WIRAWAN SALATIGA Tahun 2009 sampai Maret 2010

PUSPITASARI , TRIBRATA (2011) EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN PNEUMONIA DEWASA DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT PARU dr. ARIO WIRAWAN SALATIGA Tahun 2009 sampai Maret 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Pneumonia merupakan infeksi saluran nafas bawah yang masih menjadi masalah kesehatan di negara berkembang maupun negara maju dengan kematian yang tinggi. Menurut survey kesehatan rumah tangga tahun 2002, penyakit saluran nafas merupakan penyebab kematian no 2 di Indonesia. Pada umumnya yang meninggal karena pneumonia. Seringkali kematian itu disebabkan oleh infeksi kuman Haemophilus sp, Influenza atau Streptococcus aureus, Klebsiella Sp, Pseudomonas Sp, Virus missal virus influenza. Antibiotik merupakan obat antiinfeksi yang secara drastis telah menurunkan morbiditas dan mortilitas berbagai penyakit infeksi, sehingga penggunaannya meningkat tajam. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi ketepatan penggunaan antibiotik meliputi ketepatan pasien, ketepatan obat, ketepatan indikasi, ketepatan dosis dan lama perawatan. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan menggunakan rancangan deskriptif. Sampel penelitian adalah dewasa dengan usia 15-64 tahun dengan penyakit pneumonia yang diberikan pengobatan dengan menggunakan antibiotik yang terdapat di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Metode sampling yang digunakan adalah metode non probability purposive sampling. Cara mengevaluasi data berdasarkan tepat indikasi, tepat obat, tepat pasien dan tepat dosis yaitu membandingkan data dengan standar ’’Pharmaceutical Care untuk Infeksi Saluran Pernafasan’’ dari Departemen Kesehatan. Hasil dari evaluasi penggunaan antibiotik untuk tepat indikasi adalah 100%, untuk tepat pasien 87,88%, tepat obat 87,88%, dan untuk tepat dosis adalah sebesar 87,88%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pneumonia, dewasa, antibiotik, Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga dan evaluasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 09:49
Last Modified: 17 Dec 2018 01:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item