EVALUASI PENGGUNAAN OBAT ANTITUBERKULOSIS DAN KEPATUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT SURAKARTA BULAN MEI-JULI TAHUN 2010

FATMAWATI , LENNY (2011) EVALUASI PENGGUNAAN OBAT ANTITUBERKULOSIS DAN KEPATUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT SURAKARTA BULAN MEI-JULI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

BBKPM Surakarta menangani sebanyak 745 kasus tuberkulosis dari wilayah Surakarta selama tahun 2007. Dari pasien yang ditangani BBKPM Surakarta 2,5% tidak menuntaskan pengobatan. Oleh karenanya dilakukan penelitian evaluasi penggunaan obat antituberkulosis pasien TB paru di BBKPM Surakarta untuk mengetahui kesesuaian pengobatan TB paru di BBKPM Surakarta dengan Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis dari Departemen Kesehatan RI, serta untuk mengetahui kepatuhan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan menggunakan analisis data secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara prospektif menggunakan data rekam medik dan wawancara di BBKPM Surakarta dengan kriteria pasien diagnosis TB paru, pasien umur 19-55 tahun dan telah menjalani pengobatan minimal selama 1 bulan. Hasil penelitian diperoleh 93 pasien, penderita TB paru laki-laki sebesar 55,17% dan perempuan 45,83%. OAT ada 2 bentuk yaitu OAT kombipak dan OAT KDT. Evaluasi kesesuaian kombinasi OAT kombipak yang diberikan pada pasien di BBKPM Surakarta sebesar 91,57% sesuai dengan standar. Sedangkan OAT KDT sebesar 100% sesuai dengan standar pengobatan dan tidak ada yang tidak sesuai dengan standar. Kesesuaian dosis OAT kombipak sebesar 36,15% telah sesuai standar. Sedangkan OAT KDT 100% sesuai dengan standar. Evaluasi kepatuhan pasien dalam pengobatan, di peroleh hasil sebesar 90,28%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, OAT, Kepatuhan, Standar pengobatan.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 08:48
Last Modified: 27 May 2011 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item