POLA PENGGUNAAN OBAT INFARK MIOKARD AKUT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2008

PURWANTI , DWI (2010) POLA PENGGUNAAN OBAT INFARK MIOKARD AKUT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_&BAB_1.pdf

Download (627kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infark Miokard merupakan penyebab kematian nomor 1 di Amerika Serikat dan kebanyakan negara-negara industri di seluruh dunia. Infark Miokard Akut (IMA) adalah nekrosis (kematian) miokardial akibat dari penurunan atau berhentinya sirkulasi darah koroner secara total ke area spesifik miokardial. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pola penggunaan obat infark miokard akut (IMA) dan untuk mengevaluasi kerasionalan pada pasien Infark Miokard Akut di Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta tahun 2008 yang meliputi tepat obat dan tepat dosis. Penelitian ini dilakukan terhadap penderita IMA yang telah diambil secara purposive di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2008 sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif dan dianalisis secara deskriptif. Sampel data yang diambil sebanyak 100 rekam medik pasien infark miokard akut tahun 2008. Hasil penelitian menunjukkan pola penggunaan obat IMA di RSUD Dr. Moewardi adalah kaptopril 28% dan morfin 5%. Dari hasil evaluasi tepat obat dan dosis terdapat penggunaan obat IMA adalah 50% tepat obat dan 98,21% tepat dosis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-007
Uncontrolled Keywords: infark miokard akut, penggunaan obat, evaluasi rasionalitas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 08:28
Last Modified: 16 Jun 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item