PEMILIHAN OBAT DAN OUTCOME TERAPI GASTROENTERITIS AKUT PADA PASIEN PEDIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2008

RAHMAN, ARIF (2011) PEMILIHAN OBAT DAN OUTCOME TERAPI GASTROENTERITIS AKUT PADA PASIEN PEDIATRI DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Banyaknya angka kematian yang disebabkan karena diare, dan banyaknya penderita diare yang berkunjung di rumah sakit atau puskesmas mendorong dilakukannya penelitian tentang gambaran pemilihan obat. Penelitian sebelumnya kebanyakan hanya membahas tentang pemilihan obat gastroenteritis akut, sehingga penelitian ini dikembangkan bukan hanya membahas tentang pola pemilihan obat saja tetapi outcome terapi guna untuk melihat keberhasilan terapi dilihat dari data administratif berupa cara keluar, kondisi keluar dan keadaan keluar di instalasi rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta Januari -Desember tahun 2008. Jenis penelitian dilakukan secara deskriptif dengan cara pengumpulan data secara retrospektif. Data yang diambil didapatkan 96 kasus pasien pediatri penderita gastroenteritis akut di instalasi rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta bulan Januari -Desember tahun 2008 yang memenuhi syarat inklusi yaitu pediatri, terdiagnosis gastroenteritis akut, dan data rekam medis lengkap Hasil penelitian menunjukkan pasien diberi obat jenis elektrolit (D1/4s) sebanyak 43,75%, Probiotik, lactobe 62,50%. Pemberian analgetik antipiretik berupa parasetamol sebanyak 43,75%. Jenis antibiotik yang diterima adalah cotrimaxazole sebanyak 35,29%. Penggunaan bentuk sedian peroral berupa puyer sebanyak 26,39%. Cara keluar dan kondisi keluar pada pasien pediatri 89,58% pulang dengan izin dokter dengan kondisi sembuh, 8,33% dengan cara pulang paksa dan 2,08% meninggal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011-012
Uncontrolled Keywords: Pasien pediatri, pemilihan obat, outcome terapi gastroenteritis, RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 05:35
Last Modified: 16 Jun 2011 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item