IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMs (DRPs) PADA PASIEN ASMA RAWAT INAP KATEGORI DOSIS DAN OBAT SALAH RSUD PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2007

ASTUTI , IMA KUSUMA (2011) IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMs (DRPs) PADA PASIEN ASMA RAWAT INAP KATEGORI DOSIS DAN OBAT SALAH RSUD PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Identifikasi, pencegahan dan pemecahan terhadap timbulnya Drug Related Problems (DRPs) hal yang paling utama dalam Pharmaceutical care. DRPs merupakan suatu masalah yang timbul dalam penggunaan obat atau terapi obat yang secara potensial maupun aktual dapat mempengaruhi outcome terapi pasien, meningkatkan biaya perawatan serta dapat menghambat tercapainya tujuan terapi. Munculnya DRPs dapat dipicu dengan semakin meningkatnya jenis dan jumlah obat yang dikonsumsi pasien untuk mengatasi berbagai penyakit yang diderita, seperti pada beberapa penyakit kronik. Salah satu penyakit kronik yang banyak diderita adalah asma. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya DRPs kategori dosis lebih, dosis kurang dan obat salah pada asma di instalasi rawat inap RSUD Pandan Arang Kabupaten Boyolali tahun 2007. Penelitian identifikasi Drug Related Problems (DRPs) pada pasien asma rawat inap RSUD Pandan Arang Kabupaten Boyolali tahun 2007 merupakan penelitian non eksperimental dengan pengumpulan data secara reprospektif dari rekam medik pasien. Analisa penelitian dilakukan secara deskriptif dengan mencatat, mengelompokkan, membandingkan dengan standar serta menghitung persentase kejadian Drug Related Problems (DRPs) yang meliputi obat salah, dosis lebih dan dosis kurang. Subjek pada penelitian ini pasien asma rawat inap RSUD Pandan Arang Kabupaten Boyolali tahun 2007. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 52 pasien asma rawat inap RSUD Pandan Arang Kabupaten Boyolali tahun 2007, diantaranya 24 pasien perempuan 146,15% dan 28 pasien laki-laki (53,85%). Dari 52 pasien, terdapat 16 kasus Drug Related Problems (DRPs) atau 4,16% dari jumlah total obat yang digunakan pada pasien asma. Yang meliputi, kategori dosis lebih sebanyak 11 kasus (2,86%), tidak terdapat kategori dosis kurang dan obat salah sebanyak 5 kasus (1,30%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asma, Dosis Lebih, Dosis Kurang dan Obat Salah.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 04:35
Last Modified: 27 May 2011 05:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item View Item