HUBUNGAN ANTARA DEPRESI DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI DESA SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR PROVINSI JAWA TENGAH

MARDIANSYAH , MARDIANSYAH (2011) HUBUNGAN ANTARA DEPRESI DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI DESA SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Gangguan depresi adalah salah satu jenis gangguan jiwa yang paling sering terjadi. Gangguan depresi mengenai sekitar 20% wanita dan 12% laki-laki pada suatu waktu dalam kehidupan. Depresi merupakan gangguan jiwa yang banyak dialami orang antara umur 15-44 tahun. Semenjak 20 tahun terakhir ini banyak penelitian tentang depresi pada masa remaja, karena gejala depresi sering terjadi pada masa remaja akhir, yaitu berupa Anhedonia Pervasive (tidak merasakan kesenangan atau kepuasan). Perubahan yang terjadi pada remaja terdapat kemungkinan-kemungkinan perilaku yang bisa terjadi pada masa ini. Diantaranya adalah perilaku yang mengundang risiko dan berdampak negatif pada remaja. Perilaku yang mengundang risiko pada masa remaja misalnya seperti penggunaan alkohol, tembakau (merokok) dan zat lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada hubungan antara depresi dengan perilaku merokok pada remaja laki-laki di Desa Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Desain penelitian menggunakan metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel dengan jumlah 101 responden, teknik sampling dengan simple random sampling. Analisis dengan menggunakan korelasi Spearman rank pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian ρ sebesar 0.227, dan p < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Ada korelasi positif antara antara depresi dengan perilaku merokok pada remaja laki-laki di Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: depresi, perilaku merokok, remaja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 08:35
Last Modified: 26 May 2011 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item