HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI AKDR DENGAN KEJADIAN MENOMETRORAGI PADA AKSEPTOR KB AKDR DI KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI

ARIYANI , FAJAR (2011) HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KONTRASEPSI AKDR DENGAN KEJADIAN MENOMETRORAGI PADA AKSEPTOR KB AKDR DI KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab VI)
8.BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : salah satu metode kontrasepsi yang paling ideal adalah AKDR, di Kecamatan Klego AKDR merupakan kontrasepsi terbanyak kedua setelah KB suntik. AKDR yaitu kontrasepsi yang reversible mempunyai peranan penting dalam bidang KB karena secara teoritis AKDR sangat potensial sebagai alat kontrasepsi yang ideal , aman, efektif dan murah, karena hanya memerlukan satu kali insersi dengan cara pemasangan yg relatif mudah untuk proteksi dalam jangka waktu yang lama dan efek sampingnya minimal. Salah satu efek yang ditimbulkan karena pemakaian AKDR adalah terjadinya menometroragi. Tujuan : untuk mengetahui hubungan lama pemakaian kontrasepsi akdr dengan kejadian menometroragi pada akseptor kb akdr di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Metode : penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan lama pemakaian kontrasepsi akdr dengan kejadian menometroragi pada akseptor kb akdr di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali pada bulan Febuari 2011 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel 40, terdiri dari 20 orang yang memakai akdr kurang dari 3 bulan dan 20 orang yang memakai akdr lebih dari 3 bulan. Hasil : didapatkan 22 responden dengan menometroragi badan dan 18 responden tidak menometroragi. Analisis Chi square didapatkan nilai X² hitung (14,545) > X² tabel (3,841) dan (p < 0,05). Kesimpulan : ada hubungan lama pemakaian kontrasepsi akdr dengan kejadian menometroragi pada akseptor kb akdr di Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali (akseptor kontrasepsi AKDR yang menggunakan lebih dari 3 bulan lebih berisiko mengalami menometroragi lebih besar dibandingkan akseptor yang menggunakan kurang dari 3 bulan).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011-003
Uncontrolled Keywords: AKDR – menometroragi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 06:10
Last Modified: 16 Jun 2011 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item View Item