HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG TELAH MENIKAH

Pamangsah, Anang (2008) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG TELAH MENIKAH. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
Bba_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (47kB)

Abstract

Mahasiswa yang sudah menikah seringkali harus mengatur waktu antara tanggung jawab dalam keluarga dan tanggung jawab akan pendidikan. Hal ini dikarenakan seorang mahasiswa yang telah menikah harus mampu membagi waktu untuk bekerja, waktu untuk keluarga dan waktu untuk pendidikan. Dari sinilah muncul berbagai masalah yang menyebabkan konflik pada dirinya antara waktu untuk keluarga dan waktu untuk menyelesaikan studinya, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajeman waktu dan dukungan dengan prestasi belajar pada mahasiwa yang talah menikah. Hipotesis yang diajukan adalah hubungan positif antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada mahasiswa yang telah menikah. Subyek penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berjumlah 70 orang. Teknik samplingnya adalah purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor, Hasil penelitian ini menunjukkan rerata empirik manajemen waktu sebesar 103,000 dan rerata hipotetik sebesar 100, yang berarti subjek penelitian memiliki tingkat manajemen waktu yang tergolong sedang. Rerata empirik dukungan sosial sebesar 141,386 dan rerata hipotetik sebesar 120, yang berarti dukungan sosial tergolong tinggi. Sedangkan rerata empirik prestasi belajar sebesar 2,997 termasuk pada kategori baik. Hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor diperoleh nilai R sebesar 0,450 dan Fregresi sebesar 8,500 dengan p < 0,01. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi belajar. Semakin tinggi manajemen waktu dan dukungan sosial maka semakin tinggi prestasi belajar, sebaliknya semakin rendah manajemen waktu dan dukungan sosial maka semakin rendah perstasi belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen waktu, dukungan sosial, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 May 2009 08:01
Last Modified: 23 Nov 2012 15:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item