PERBEDAAN KETAHANAN TERHADAP STRES LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007 dan 2008

FUTAKI , FUAD (2011) PERBEDAAN KETAHANAN TERHADAP STRES LAKI-LAKI DENGAN PEREMPUAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007 dan 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Stres merupakan suatu gejala gangguan jiwa yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari -hari, dimana setiap individu pasti pernah mengalaminya. Namun gejala stres yang di derita oleh t iap orang tidaklah sama. Berat atau ringannya gejala stres yang di derita oleh seseorang tergantung dari kemampuannya untuk cepat beradaptasi Di era mileniumi ini, tingginya tingkat persaingan dalam kehidupan sehari -hari dan semakin maju serta berkembangnya kemampuan teknologi, kita di tuntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat sekaligus mampu untuk ikut bersaing dengan individu lainnya. Mahasiswa sebagai tonggak keberhasilan suatu bangsa di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan secara cepat. Namun tidak semua dari mereka yang mampu beradaptasi atau mempunyai ketahanan terhadap stres yang baik dan tidak sedikit yang akhirnya mengalami stres sehingga menghadapi kendala dalam meraih prestasi terutama di bidang akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ketahanan terhadap stres mahasiswa laki - laki dengan mahasiswa perempuan di fakultas kedokteran UMS angkatan 2007 dan 2008. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala L-MMPI dan MSRS-ST “Miller Smith Rating Scale for Stress Tolerance”. Sampel dalam penelitian berjumlah empat puluh satu orang. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Didapatkan nilai uji t adalah Thitung : -3.959 (p = 0,000 < 0,05). Disamping itu dapat dilihat pula Asymp.sig yaitu 0,000 yang berarti p < 0,05 sehingga H o ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara ketahanan terhadap stres mahasiswa laki - laki dengan mahasiswa perempuan Fakultas Kedokteran UMS angkatan 2007 dan 2008, dimana mahasiswa laki - laki lebih tahan terhadap stres daripada mahasiswa perempuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketahanan stres, jenis kelamin, MSRS-ST
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 10:30
Last Modified: 25 May 2011 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item