PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEGUNAAN TERHADAP PENERIMAAN PEMAKAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI TERINTEGRASI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN TAHUN 2010

DEWI., NOVITA PANCA (2010) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEGUNAAN TERHADAP PENERIMAAN PEMAKAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI TERINTEGRASI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
SKRIPSI_2_(Cover_-_Bab_ii).pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI__1_(Cover-Lampiran).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen mengembangkan dan menjalankan implementasi Sistem Informasi Manajemen dan Pengelolaan Administrasi Terintegrasi (SIMPATI) sejak tahun 2008. Sejak pertamakali implementasi hingga sekarang, RSUD Sragen belum pernah melakukan evaluasi sistem. 40% pemakai mengeluhkan kemudahan penggunaan SIMPATI dan 30% mengeluhkan kegunaan SIMPATI. Metode penelitian menggunakan observasional analitik dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan crossectional. Kuesioner disebarkan pada 70 responden di ruang perawatan, gawat darurat, penunjang, pendaftaran, kasir, informasi dan farmasi dengan teknik proportional random sampling yang dilaksanakan pada bulan september hingga oktober 2010. Berdasarkan hasil uji regresi logistik dengan bantuan SPSS 14 diketahui variabel kemudahan penggunaan tidak mempengaruhi penerimaan pemakai SIMPATI (P=0,185, CI=95%). Hal tersebut dikarenakan SIMPATI merupakan sistem informasi yang digunakan manajemen RSUD Sragen, sehingga penggunaannya adalah penggunaan wajib. Variabel kegunaan mempengaruhi penerimaan SIMPATI (P=0,041, CI=95%), berarti pemakai percaya jika SIMPATI mempunyai cukup kegunaan maka akan mempengaruhi penerimaan pemakai. Variabel kemudahan penggunaan dan kegunaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap penerimaan pemakai SIMPATI (P=0,00, CI=95%). Pemakai percaya jika SIMPATI mempunyai cukup kemudahan penggunaan dan kegunaan maka akan mempengaruhi keputusan pemakai untuk menerima SIMPATI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J410/2011-001
Uncontrolled Keywords: kemudahan penggunaan, kegunaan, penerimaan pemakai
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 09:54
Last Modified: 20 Jun 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item