ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

RINAWATI, RINAWATI (2011) ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah kemampuan rasio keuangan yang terdiri dari Rasio Likuiditas (Current Ratio ), Rasio Aktivitas (Total Assets Turnover), dan Rasio Leverage (Debt to Equity Ratio ) mampu mempengaruhi perubahan laba. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) H1: Diduga rasio likuiditas berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia. 2) H2: Diduga rasio aktivitas berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia. 3) H3: Diduga rasio leverage berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil uji t bahwa rasio likuiditas berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan perusahaan dalam menjamin kewajiban-kewajiban jangka pendeknya, maka laba perusahaan akan semakin mengalami peningkatan. Rasio aktivitas berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baiknya kemampuan perusahaan dalam memberdayakan sumber daya akan lebih efektif meningkatkan laba perusahaan. Dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tingginya kemampuan perusahaan dalam menjamin kewajiban-kewajiban jangka panjangnya, maka laba perusahaan akan semakin mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa rasio likuiditas, rasio aktivitas, leverage secara simultan berpengaruh terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia tahun 2006 sampai dengan tahun 2008. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,548 berarti bahwa rasio likuiditas, rasio aktivitas, dan leverage memberikan sumbangan sebesar 54,8%, terhadap perubahan laba perusahaan asuransi di Bursa Efek Indonesia tahun 2006 sampai dengan tahun 2008, sedangkan sisanya sebesar 45,2% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Leverage dan Perubahan Laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2011 09:24
Last Modified: 25 May 2011 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item