UMS ETD-db

KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VI SD GULANG 1 KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

Dwiningsih, Efna (2008) KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VI SD GULANG 1 KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

458kB

Abstract

Paragraf naratif dengan menggunakan gambar berseri dapat membantu siswa dapat mengembangkan imajinasinya dalam menyusun sebuah cerita sesuai dengan gambar yang digunakan dalam pengajaran menulis tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kamampuan siswa mengemas peristiwa ke dalam paragraf naratif berdasarkan gambar berseri; (2) untuk mengetahui kamampuan siswa menyusun paragraf naratif berdasarkan urutan gambar berseri; (3) untuk mengetahui kamampuan siswa mengembangkan dialog ke dalam paragraf naratif berdasarkan gambar berseri. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang datanya bersumber dari karangan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes subyektif. Dalam tes ini siswa diberikan sebuah gambar berseri yang terdiri dari empat buah gambar. Selanjutnya siswa diminta untuk menyusun ke dalam paragraf naratif berdasarkan gambar tersebut. Teknik pengumpulan data juga menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik simak adalah menyimak penggunaan bahasa. Teknik catat adalah pencatatan terhadap data dan dilanjutkan dengan klasifikasi kata-kata dengan alat tulis tertentu. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik padan dan teknik pilah penentu sebagai pembeda referen. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang berjudul ”Kemampuan Menulis Paragraf Naratif Dengan Menggunakan Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VI SD Gulang 1 Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus”: (1) berdasarkan kemampuan siswa mengemas peristiwa ke dalam paragraf naratif dapat disimpulkan bahwa keseluruhan siswa dalam memberikan informasi terhadap gambar berseri memunculkan peristiwa pada paragraf pertama dan paragraf kedua. Pada paragraf tersebut menyebutkan penyebab peristiwa sampai akibat yang ditimbulkan dari paragraf tersebut; (2) berdasarkan kemampuan siswa menyusun paragraf naratif dengan urutan gambar berseri dapat disimpulkan bahwa siswa mempunyai beragam pola urutan meliputi: (a) pola urutan 1 – 2 – 3 – 4, (b) pola urutan 1 dan 2 – 3 – 4, (c) pola urutan 1 – 2 dan 3 – 4; (3) berdasarkan kemampuan siswa mengembangkan dialog ke dalam paragraf naratif dapat disimpulkan bahwa dialog yang dimunculkan adalah jawaban yang bersifat langsung.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A310030085
Uncontrolled Keywords:Paragraf, naratif, gambar berseri
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
ID Code:126
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:15 Jul 2008 05:09
Last Modified:02 Jan 2012 04:55

Repository Staff Only: item control page