ANALISA PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MIKRO TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENGUSAHA KECIL DI KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR PADA PD. BPR BANK DAERAH KARANGANYAR

PUTRO, BAGUS ANGGORO (2011) ANALISA PENGARUH PEMBERIAN KREDIT MIKRO TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENGUSAHA KECIL DI KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR PADA PD. BPR BANK DAERAH KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pengusaha kecil, merupakan salah satu bagian dari masyarakat golongan ekonomi lemah yang perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan usahanya dalam rangka meningkatkan taraf hidupnya. Sebagaimana telah diketaui setiap usaha atau kegiatan akan membutuhkan modal untuk membiayai usaha yang dijalankan. Namun modal tersebut tidak semuanya dapat terpenuhi sendiri bahkan masalah modal menjadi problem bagi mereka, lebih-lebih bagi pengusaha kecil. Mereka mendapat kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Salah satu usaha pemerintah dalam mengembangkan usaha pengusaha kecil yaitu dengan memberikan bantuan kredit. Oleh sebab itu diperlukan suatu lembaga keuangan yaitu bank. Dalam hal ini salah satu contohnya adalah Bank Perkreditan Rakyat yang merupakan bagian dari perbankan nasional dan memiliki peranan yang strategis guna menunjang pelaksanaan dan pelayanan bagi pengusaha kecil dalam upaya meningkatkan usaha yang ada serta mendapatkan hasil yang memadai sehingga dapat tercapainya kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi lemah khususnya pengusaha kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kredit mikro yang diberikan PD. BPR Bank Daerah Karanganyar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan bagi pengusaha kecil di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Hasil penelitian diperoleh data variabel kredit mikro yang diterima nasabah mempunyai nilai tertinggi Rp. 5.000.000 dan terendah Rp. 100.000 dengan rata-rata sebesar Rp. 2.166.200. Nilai variabel peningkatan pendapatan yang diterima nasabah setelah menerima kredit dari PD. BPR Bank Daerah Karanganyar mempunyai nilai tertinggi sebesar Rp. 500.000 dan terendah Rp. 100.000 dengan rata -rata sebesar Rp. 248.300. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t menunjukan bahwa kredit mikro mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan, hal ini ditujukan oleh nilai thitung > dari ttabel (14,690 > 1,960). Hal ini berarti bahwa kredit mikro yang diberikan PD. BPR Bank Daerah Karanganyar dapat meningkatkan penghasilan pendapatan pengusaha kecil di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Sumbangan pengaruh kredit mikro terhadap peningkatan pendapatan sebesar 81,8% sedangkan sisanya 18,2% peningkatan pendapatan dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011 - 17
Uncontrolled Keywords: pemberian kredit mikro, pendapatan pengusaha kecil.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2011 04:19
Last Modified: 28 May 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item