ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

MUTIARA , ARUMSARI PRASETYA (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_&_BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Selama ini pihak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar belum pernah mengadakan evaluasi kepuasan pasien yang mengkhususkan pada pasien rawat inap peserta Jamkesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Metode penelitian menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap peserta Jamkesmas sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis statistik menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penarikan hipotesis terhadap lima variabel dengan uji t dan uji F, diperoleh tingkat signifikansi kurang dari 0,05, maka ada pengaruh secara parsial dan simultan antara keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Untuk koefisien regresi keberwujudan sebesar 0,139, keandalan 0,190, ketanggapan 0,174, jaminan 0,271, dan empati 0,148. Variabel keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 63,8% sedangkan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Rumah sakit sebagai penyedia layanan sebaiknya lebih memprioritaskan jaminan karena jaminan memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Jamkesmas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Jamkesmas, mutu pelayanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 May 2011 03:43
Last Modified: 24 May 2011 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item View Item