ANALISIS LAMA RAWAT DAN BIAYA PELAYANAN KESEHATAN PADA SISTEM PEMBAYARAN INA DRG DAN NON INA DRG DI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

SUGENG , SUGENG (2010) ANALISIS LAMA RAWAT DAN BIAYA PELAYANAN KESEHATAN PADA SISTEM PEMBAYARAN INA DRG DAN NON INA DRG DI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_Kripsi.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Full Text)
skripsi_Sugeng.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Terjadi kecenderungan meningkatnya lama dirawat dan biaya pelayanan kesehatan rawat inap, pada pasien dengan sistem pembiayaan ditanggung sendiri. Sistem INA DRG (Indonesia Diagnosis Related Group) merupakan solusi untuk pengendalian biaya pelayanan kesehatan, karena berhubungan dengan mutu dan pemerataan jangkauan pembayaran berbasis kasus campuran. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan lama dirawat dan biaya pelayanan kesehatan pasien rawat inap dengan diagnosis diare infeksius pada penerapan sistem pembayaran INA DRG dan non INA DRG di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Metode penelitian ini dengan menggunakan observasional dengan rancangan penelitian cross-sectional, sedangkan proses analisis menggunakan Mann- Whitney pada aplikasi program SPSS versi 15. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada lama dirawat pasien rawat inap dengan diagnosis diare infeksius pada penerapan sistem pembayaran INA DRG p=0,884 (>0,05), tetapi pada biaya pelayanan kesehatan terjadi perbedaan yang signifikan. secara statistik berarti nilai p=0,001 (p<0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J410/2011-006
Uncontrolled Keywords: Lama dirawat, Biaya pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 09:25
Last Modified: 20 Jun 2011 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item