HUBUNGAN ANTARA TINGKAT ASUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI PADA PASIEN KANKER NASOFARING DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA

MULYANI , SRI (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT ASUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI PADA PASIEN KANKER NASOFARING DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB-1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Kanker nasofaring merupakan kanker yang terdapat pada nasofaring, berada diantara belakang hidung dan esophagus. Defisiensi yang paling sering ditemukan pada pasien kanker nasofaring adalah defisiensi energi dan protein. Gangguan gizi dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makan, tindakan medis, efek psikologik dan pengaruh keganasan sel kanker. Status gizi pasien kanker sangat penting dipertahankan dan ditingkatkan, karena keberhasilan pengobatan kanker antara lain ditentukan oleh status gizi pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat asupan energi dan protein dengan status gizi pada pasien kanker nasofaring. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional dan jenis penelitian deskriptif analitik bersifat observasional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 33. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sequential random sampling yaitu cara pemilihan sampel yang termasuk dalam probability sampling yang dilakukan secara bertahap sampai jumlah subjek yang diperlukan terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan asupan energi defisit presentasinya tertinggi yaitu 69.2% tetapi status gizi normal. Sedangkan Asupan protein defisit persentasinya juga tertinggi sebesar 15 (78.9%) tetapi status gizinya juga normal. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai p = 0,752 berarti tidak ada hubungan antara tingkat asupan energi dengan status gizi, demikian pula tidak ada hubungan tingkat asupan protein dengan status gizi dengan nilai p= 0.237. Kesimpulan tidak ada hubungan antara tingkat asupan energi dan protein dengan status gizi pada pasien kanker nasofaring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011-012
Uncontrolled Keywords: Tingkat asupan energi, Tingkat asupan protein, Status gizi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 May 2011 09:10
Last Modified: 14 Sep 2022 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item