HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG NAPZA DENGAN SIKAP DALAM PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SISWA DI SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA

SAPUTRO, EKO HERI (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG NAPZA DENGAN SIKAP DALAM PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA SISWA DI SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang kritis, yaitu saat untuk berjuang untuk melepaskan ketergantungan kepada orang tua dan berusaha mencapai kemandirian sehingga dapat diterima dan diakui sebagai orang dewasa. Keberhasilan remaja melalui mesa transisi ini dipengaruhi oleh faktor individu (biologic, kognitif dan psikologis) dan lingkungan (keluarga, teman sebaya dan masyarakat). Keinginannya cenderung melakukan jalan pintas dalam menghadapi masalah, tidak memiliki keyakinan diri yang mantap, menjadi pengikut yang tidak berdaya, mengelak dari tugas dan tanggung jawab dan hanya menuntut hak. Penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) adalah satu dari perilaku resiko tinggi tersebut. Penyalahgunaan NAPZA menimbulkan perasaan enak, nikmat, senang, bahagia, tenang dan nyaman, tetapi ketergantungan pada NAPZA dapat juga mengakibatkan dampak negatif dan berbahaya, baik secara fisik, psikologis, dan sosial. Penelitian ini bertujuan hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang NAPZA dengan sikap dalam penyalahgunaan NAPZA pada siswa di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif yaitu mencari hubungan antara pengetahuan dengan sikap. Sampel penelitian adalah sebanyak 76 siswa SMA Al-Islam 3 Surakarta dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) tingkat pengetahuan siswa tentang NAPZA di SMA Al-Islam 3 Surakarta mayoritas mempunyai tingkat pengetahuan yang baik, (2) sikap siswa dalam penyalahgunaan NAPZA mayoritas mempunyai sikap setuju untuk tidak menyalahgunaan NAPZA, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang NAPZA dengan sikap dalam penyalahgunaan NAPZA pada siswa SMA Al-Islam 3 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, penyalahgunaan NAPZA.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 May 2011 07:08
Last Modified: 17 Oct 2018 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item