ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TABUNGAN MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 1981-2007

HARSONO, RUDI TRI (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TABUNGAN MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 1981-2007. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab 1)
COVER_&_BAB_I.pdf

Download (405kB)
[img] PDF (Bab Full)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tabungan Masyarakat di Indonesia Tahun 1981-2007”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan masyarakat pada kerangka waktu jangka pendek dan jangka panjang. Penelitian ini menggunakan ECM (Error correction model). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan program Eviews menunjukkan bahwa pada uji stasioneritas variabel menunjukkan telah stasioner, terlihat nilai statistik ADF lebih besar nilai kritis mackinnon volue pada derajat kepercayaan 5%. Ada dalam penelitian ini masalah multikolinearitas dan tidak terdapat masalah autokorelasi dalam model. Dalam uji t diketahui variable suku bunga dan pendapatan nasianal riil secara jangka pendek berpengaruh terhadap tabungan, sedangkan dalam jangka panjang tidak berpengaruh terhadap tabungan masyarakat. Pendapatan nasional bruto dan inflasi baik secara jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh terhadap tabungan masyarakat pada tingkat α sampai dengan 10%. Nilai F terhitung sebesar 2.263784, dalam uji F baik dalam jangka pendek dan jangka panjang variasi variable pendapatan nasional bruto, suku bunga, Inflasi, dan pendapatan nasional riil secara bersama-sama mempengarui tabungan masyarakat. Nilai R2 adalah sebesar 0,560126 berarti bahwa 56,0126 % variasi Tabungan masyarakat dapat dijelaskan oleh variasi variabel Pendapatan nasional bruto, Suku bunga, Inflasi dan Pendapatan Nasional Riil, sedangkan sisanya 43,9874% dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Nasional Bruto, Tingkat Suku Bunga, Inflasi, Pendepatan Nasional Riil dan ECM (error correction model).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 May 2011 10:29
Last Modified: 20 May 2011 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12553

Actions (login required)

View Item View Item