PENGARUH GENDER DAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGENAI PELAYANAN HYPERMART SOLO GRAND MALL

HUSAIN, HAIKAL HABIB (2010) PENGARUH GENDER DAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGENAI PELAYANAN HYPERMART SOLO GRAND MALL. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Cover_+_BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab Full)
All_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gender dan tingkat pendidikan strategi pemasaran bagi manajemen Hypermart Solo Grand Mall. Mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen mengenai pelayanan Hypermart Solo Grand Mall. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam melaksanakan perencanaan dan evaluasi strategi pemasaran bagi manajemen Hypermart Solo Grand Mall. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dari penelitian ini adalah para konsumen Hypermart Solo Grand Mall. Sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen Hypermart Solo Grand Mall. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwagender (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 7,467. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,467 > 1,985) dengan probabilitas 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima, yang berarti bahwa variabel gender berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Hypermart Solo Grand Mall. Tingkat pendidikan (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 8,151. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,151 > 1,985) dengan probabilitas 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima, yang berarti bahwa variabel tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Hypermart Solo Grand Mall. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 129,429 > 3,15 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak berarti menerima H1, hal ini berarti bahwa gender dan tingkat pendidikan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dengan bantuan program SPSS 15.0 for windows, dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,727. Hal ini berarti kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variasi gender dan tingkat pendidikan sebesar 72,7%. Sementara sisanya sebesar 27,3% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa tingkat pendidikan mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,509 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel tingkat pendidikan yaitu sebesar 0,466. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Hypermart Solo Grand Mall.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gender, pendidikan, kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 May 2011 09:59
Last Modified: 20 May 2011 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12545

Actions (login required)

View Item View Item