ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGHADAPI OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus pada PEMDA Grobogan periode 2006-2008)

SEPTIYANTI M P, SWASTIKA (2010) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGHADAPI OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus pada PEMDA Grobogan periode 2006-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover dan bab 1)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] Microsoft Word (Abstrak dan daf. pustaka)
File_3._Abstraksi_dan_Daftar_Pustaka.doc

Download (29kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Swastika_Septiyanti_M.P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan yang diukur dengan berbagai macam rasio derajat otonomi fiskal pemerintah daerah Kabupaten Grobogan pada aspek derajat desentralisasi fiskal, kebutuhan fiskal, kapasitas fiskal, dan upaya atau posisi fiskal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Kemandirian pemerintah daerah Kabupaten Grobogan masih relatif rendah karena pemerintah daerah masih sangat tergantung kepada pemerintah pusat. (2). Pemerintah daerah Kabupaten Grobogan memiliki kebutuhan fiskal yang besar. Hal ini terbukti dengan besarnya kebutuhan fiskal daerah dibandingkan dengan standar kebutuhan fiskal rata-rata se-Jawa Tengah baik untuk setiap tahunnya maupun secara rata-rata selama tiga tahun anggaran (2006-2008). (3). Pemerintah daerah Kabupaten Grobogan memiliki kapasitas fiskal lebih kecil dari kebutuhan fiskal. Hal ini berarti bahwa pemerintah daerah Kabupaten Grobogan belum mampu memenuhi kebutuhan fiskal daerahnya karena masih memerlukan subsidi dari pemerintah pusat dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah. (4). Posisi /upaya fiskal dari pemerintah daerah Kabupaten Grobogan yang dihitung dengan rata-rata perubahan PAD terhadap rata-rata perubahan PDRB selama kurun waktu tiga tahun anggaran menunjukkan hasil kurang dari 1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Derajat Desentralisasi Fiskal, Kebutuhan Fiskal, Kapasitas Fiskal, dan Upaya atau Posisi Fiskal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 20 May 2011 09:45
Last Modified: 20 May 2011 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item