PENGARUH PELAYANAN FRONTLINE DISTRIBUTOR TERHADAP KEPUASAN DOWNLINE DISTRIBUTOR (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MLM AMWAY DI WILAYAH SURAKARTA)

SUPRIHUDANI, SUPRIHUDANI (2008) PENGARUH PELAYANAN FRONTLINE DISTRIBUTOR TERHADAP KEPUASAN DOWNLINE DISTRIBUTOR (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MLM AMWAY DI WILAYAH SURAKARTA). Skripsi thesis, Univertrtas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100010579.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara bersama -sama pelayanan frontline distributor yang terdiri dari dimensi reliability, responsiveness, dan courtesy terhadap kepuasan downline distributor pada perusahaan MLM AMWAY di wilayah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh downline distributor yang tergabung dalam bisnis MLM AMWAY di wilayah Surakarta, sampel diambil sebanyak 100 responden dengan teknik Convenience Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda , uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan downline karena nilai t hitung (2,349) > t tabel (1,96) berarti pengaruh reliability terhadap kepuasan downline adalah signifikan. 2. Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan downline karena nilai t hitung (2,583) > t tabel (1,96) berarti pengaruh responsiveness terhadap kepuasan downline adalah signifikan. 3. Courtesy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan downline karena nilai t hitung (3,815) > t tabel (1,96) berarti pengaruh courtesy terhadap kepuasan downline adalah signifikan. 4. Reliability, responsiveness dan courtesy secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan downline karena nilai F hitung (13,615) > F tabel (2,76) berarti variabel reliability, responsiveness dan courtesy secara bersama -sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan downline distributor. 5. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,298 berarti variasi variabel kepuasan downline distributor dapat dijelaskan oleh variasi variabel reliability, responsiveness dan courtesy sebesar 29,8% sedangkan sisanya sebesar 70,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model regresi. Untuk meningkatkan kepuasan downline semakin meningkat pihak frontline distributor disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para downline terutama menyangkut dimensi reliability, responsiveness dan courtesy..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelayanan frontline distributor, kepuasan downline distributor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 19 May 2009 07:18
Last Modified: 17 Nov 2010 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item