PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 KARTASURA

Chahayaningrum, Tenti and , Okti Sri Purwanti, S.Kep, Ns and , Arina Maliya, A, Kep, M. Si. Med (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGAA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas saat ini bukan hal yang jarang kita jumpai. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor dengan ruas jalan yang kurang memadai untuk volume kendaraan yang besar adalah fenomena yang menjadi salah satu pemicu terjadinya banyak kecelakaan lalu lintas di banyak kota. World Health Organisation (WHO) mengemukakan setiap hari setidaknya 3.000 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah itu setidaknya 85% terjadi di negara-negara dengan pendapatan rendah dan sedang. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak dari kecelakaan lalu lintas adalah dengan pertolongan pertama pada kecelakaan. Pertolongan pertama pada kecelakaan (First Aid) adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau paramedik. Siswa sekolah merupakan salah satu target yang diharapkan dapat membantu melakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan untuk meminimalkan efek dari kecelakaan khususnya di sekolah mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan lalulintas pada kelompok eksperiment dan kelompok kontrol pada siswa SMA Negeri 1 Kartasura. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian 76 siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kartasura di daerah Kartasura dengan teknik penentuan sample purposive sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis t-test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pengetahuan awal siswa tentang pertolongan pertama pada kecelakaan sebagian besar adalah cukup, (2) pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan pada kelompok eksperimen sebagian besar adalah baik, dan pada kelompok kontrol sebagian besar cukup, (3) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas pada siswa SMA Negeri 1 Kartasura, dan (4) Terdapat perbedaan post test pengetahuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana postest pengetahuan lebih tinggi daripada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011-001
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pertolongan pertama pada kecelakaan, pendidikan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2011 08:47
Last Modified: 18 Apr 2016 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12524

Actions (login required)

View Item View Item