PERBEDAAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KEAMANAN PANGAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CERAMAH KONVENSIONAL DAN CERAMAH MENGGUNAKAN BUKU SAKU

ANGGRAENI , DEBI NURUL (2010) PERBEDAAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KEAMANAN PANGAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CERAMAH KONVENSIONAL DAN CERAMAH MENGGUNAKAN BUKU SAKU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Survei awal di SMA Negeri Colomadu menunjukkan tingkat pengetahuan remaja tentang keamanan pangan masih rendah sebesar 83%. Oleh karena itu diperlukan strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan pangan pada remaja. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan pengetahuan remaja tentang keamanan pangan dengan menggunakan strategi ceramah konvensional dan ceramah menggunakan buku saku. Jenis penelitian ini adalah research and development dan pada saat implementasi jenis penelitiannya adalah quasy experiment dengan rancangan control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu dan SMA 2 Sukoharjo yang berjumlah 547 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 70 sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji statistik yang digunakan adalah t-test independent. Hasil penelitian diketahui bahwa perbandingan tingkat pengetahuan kedua kelompok nampak rata-rata adalah baik. Hal tersebut ditunjukkan pada kelompok yang diberi ceramah konvensional terdapat 60% sampel berpengetahuan baik dan pada kelompok ceramah menggunakan buku saku adalah 94,3%. Berdasarkan hasil t-test independent diketahui adanya perbedaan pengetahuan tentang keamanan pangan antara kelompok yang diberi ceramah konvensional dengan kelompok yang diberi ceramah menggunakan buku saku, dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011-015
Uncontrolled Keywords: Buku saku, keamanan pangan, pengetahuan remaja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 08:36
Last Modified: 16 Jun 2011 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item