HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP WANITA TERHADAP PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI DESA JETIS KELURAHAN KWARASAN SUKOHARJO

JANNAH , MIFTAHUL (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP WANITA TERHADAP PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI DESA JETIS KELURAHAN KWARASAN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b__Halaman_Depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c__BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
d__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
e__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
f__BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab V)
g__BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
i__Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Suatu penelitian yang dilakukan oleh ahli psikologi Alison Bish menemukan bahwa diantara para wanita yang menyadari bahwa tes pap smear menyelamatkan jiwa tetapi para wanita tersebut masih enggan untuk melakukan pemeriksaan pap smear. Beberapa wanita yang khawatir mengenai kejadian kanker serviks dengan sukarela mau mengikuti pemeriksaan pap smear. Pap smear sering kali belum mendapat prioritas dalam hidup kita, padahal departemen kesehatan RI menganjurkan bahwa semua wanita berusia 20-60 tahun harus melakukan pap smear paling tidak setiap lima tahun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan dengan sikap wanita terhadap pemeriksaan Pap Smear di Desa Jetis Kelurahan Kwarasan, Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif korelatif menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah 44 wanita di Desa Jetis Kelurahan Kwarasan Sukoharjo dengan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Chi Square. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengetahuan wanita tentang pemeriksaan pap smear pada wanita di Desa Jetis kelurahan Kwarasan Sukoharjo sebagian besar adalah tinggi (59%) wanita di desa Jetis kelurahan Kwarasan Sukoharjo memiliki pengetahuan yang sedang tentang pemeriksaan pap smear, (2) sikap wanita tentang pemeriksaan pap smear pada wanita di Desa Jetis kelurahan Kwarasan Sukoharjo sebagian besar adalah tidak mendukung (66%), artinya wanita di desa Jetis kelurahan Kwarasan Sukoharjo memiliki sikap yang tidak mendukung tentang pemeriksaan pap smear, dan (3) terdapat hubungan antara pengetahuan wanita tentang pemeriksaan pap smear dengan sikap wanita tentang pemeriksaan pap smear pada wanita di Desa Jetis kelurahan Kwarasan Sukoharjo (0,042), dengan demikian semakin tinggi pengetahuan wanita tentang pemeriksaan pap smear, maka sikap mereka tentang pemeriksaan pap smear adalah semakin mendukung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011-010
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, pemeriksaan pap smear.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 08:18
Last Modified: 16 Jun 2011 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12519

Actions (login required)

View Item View Item